Selasa, 12 Oktober 2010

SAR Jepara , Gerak Cepat Bantu Temukan Korban Tenggelam Di Perairan Jepara

Setelah hampir dua hari dua malam di cari korban nelayan tenggelam dari desa Kedungkarang kecamatan Wedung kabupaten Demak M. Abdul Aziz (24) , telah ditemukan diperairan sebelah Barat Daya pulau Panjang Jepara . Tim pencari korban dari BASARNAS Jepara dan nelayan keluarga korban yang selama dua hari mengadakan pencarian mengalami titik terang setelah nelayan asal desa Kedungmalang menemukan korban tersangkut dalam arad . Selain itu perahu yang pecah dan tenggelampun telah ditemukan , agar tidak berpindah tempat maka perahu yang tenggelam itupun diberi tanda.

Mendengar korban telah ditemukan beberapa crew dari BASARNAS Jepara merapat ke kediaman keluarga korban untuk menjemput sekaligus mengevakuasi korban yang masih dalam perjalanan menuju rumah korban. Apalagi setelah terdengar kabar bahwa perahu yang membawa korban mengalami kandas karena sungai yang surut sehingga bebera crew SAR menurunkan perahu karet untuk menjemput korban yang telah ditunggu-tunggu kerabatnya. Dengan di kawal oleh perahu karet SAR Jepara perahu yang membawa korban berhasil dievakuasi selanjutnya merapat ke kediaman korban. Dengan sigapnya beberapa anggota SAR Jepara mengangkat korban dari atas perahu untuk selanjutnya disemayamkan di rumah korban.



“ Memang ini sudah menjadi tugas Tim SAR dalam rangka membantu masyarakat yang mengalami musibah kecelakaan air seperti yang menimpa nelayan warga desa Kedungkarang ini. Setelah anggota kami mendapatkan informasi maka kamipun bersama tim bergerak mencari korban dari pagi hingga menjelang malam. Karena cuaca kurang bersahabat dengan hembusan angin malam yang kencang maka pencarian tim malam itu dihentikan , namunpagi harinya jam 7 pagi tim kami bergerak kembali sampai korban diketemukan “ , ujar Bung Dani anggota BASARNAS dari Jepara yang ikut dalam pencarian korban tenggelam di perairan Jepara ini



Sementara itu Mahfud coordinator SAR Posko Jepara yang memimpin pencarian korban nelayan tenggelam ini mengatakan, pencarian korban dilakukan berawal dari laporan adanya dua nelayan yang melaut di perairan sekitar pulau panjang sekitar jam dua pagi perahu yang ditumpangi karam terhantam ombak yang menyebabkan korban jatuh kelaut satu dari korban bisa selamat karena mendapatkan apungan berupa termos tempat ikan. Sementara itu yang satu , anak korban tidak sempat ditolong ayahnya sehingga korban tenggelam diperairan Jepara , ayah korban ditolong nelayan dari Jepara selanjutnya melapor ke Airud Jepara.



Mendengar laporan tersebut fihaknya terus berkoordinasi dengan segenap crew yang selanjutnya masing-masing menuju ke TKP untuk mengadakan pencarian. Sehari penuh anggota mengadakan pencarian dan penyisiran disekitar TKP yaitu pulau panjang sampai sore menjelang malam malam namun korban belum ditemukan . Pagi harinya pencarian dilanjutkan dengan dibantu beberapa nelayan keluarga korban , akhirnya korban diketemukan dalam keadaan sudah meninggal dunia dengan beberapa luka diwajahnya akibat benturan juga dimakan hewan laut.

“ Lalu kamipun segera meluncur ke rumah kediaman korban untuk mengadakan evakuasi akhir korban dan selanjutnya menyerahkan korban ke fihak keluarga untuk segera dikebumikan . Hanya inilah yang bisa kami persembahkan pada masyarakat dalam rangka ikut membantu pencarian korban. Oleh karena itu bagi masyarakat yang ingin bantuan dari SAR janganlah ragu-ragu untuk mengontak kami , kami akan selalu merespon itu sesuai dengan kemampuan kami “, ujar Mahfud ketika di wawancarai .



Sementara itu Masrukan ayah dari M. Abdul Azis korban nelayan yang tenggelam di perairan Jepara me nyampaikan terima kasih yang banyak kepada segenap fihak yang telah membantu pencarian anaknya hingga ketemu. Utamanya Tim BASARNAS Jepara yang dengan sukarela ikut membantu evakuasi sampai dikediamannya , sehingga dia dan keluarga tidak dapat membalas apa-apa hanya ucapan terima kasih semata.
“ Pak tolong disampaikan rasa terima kasih kami kepada bapak-bapak dari Tim BASARNAS Jepara yang telah ikut membantu pecarian anak kami hingga ditemukan hari ini , kami tidak dapat memberikan apa-apa hanya ucapan terima kasih pak “ , ujar Masrukan ayah korban terbata-bata. (FM)

Fatkhul Muin

Pengelola Blog : Pusat Informasi Masyarakat Pesisir (http: www.For-Mass.Blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

"BLOGNYA MASYARAKAT PESISIR DEMAK DAN JEPARA "
Bagi pembaca yang ingin berbagi informasi dapat mengirim tulisan apa saja artikel, Berita, Foto dan apa saja yang bermanfaat ke Email : pakardans[at]gmail.com, Dan jika anda mempunyai informasi yang perlu diliput dapat menghubungi Redaksi Phone:
085641629350.-
Bagi anda yang mempunyai usaha apa saja yang ingin dipublikasan via media internet dan menghubungi Redaksi
Bila anda peduli dengan kemajuan blog ini dapat berbagi dengan kami
Donasi bisa dikirimkan via pengelola blog :
Nama : FATKUL MUIN
Bank : BRI UNIT PECANGAAN KULON JEPARA
NO REK : 5895-01-000092-53-8
" Marilah Kita Bersama Berdayakan Masyarakat Pesisir"