Rabu, 02 Februari 2011

Pecel dan Tahu Campur Demaan Jepara Mak Nyus Tenan

Bagi warga kota Jepara pasti tidak akan asing akan warung makan yang satu ini , selain sudah lama melayani pelanggannya menunyapun sehat bagi siapa saja . Sehingga jika jam makan siang tiba warung ini akan selalu penuh dengan pelanggannya , terutama para pegawai negeri maupun swasta yang ingin selalu merasakan kelezatan menu di warung ini. Warung yang tidak diberi nama ini dikenal orang sebagai warung depan gedung Golkar Jepara masuk desa Demaan kecamatan kota Jepara

Sejak dulu sampai sekarang warung makan ini menyajikan dua menu favorit yaitu Pecel dan Tahu sayur dengan bumbu kacang kental , dengan pilihan nasi atau lontong . Selain itu untuk pelengkapnya juga disediakan berbaga macam gorengan, kerupuk aneka rasa dan juga yang tidak ketinggalan gimbal udangnya yang renyah. Dua menu andalan itulah yang membuat warung ini selalu ramai oleh para pelanggannya yang tidak suka akan kolesterol dan juga harganya cukup terjangkau . Siapa saja bisa menikmati hidangan di warung ini , baik itu pegawai negeri, swasta , anak sekolah dan pegawai kecil lainnya.

1296606305615514824
Tahu Campur dan Es teh mak Nyus lah (Foto/FM)

“ Selain murah menu yang disajikan di warung ini juga rasanya enak dari sejak dulu . oleh karena itu jika satu kali mampir ke warung ini maka lain kali akan mampir ke warung ini . Selain naik sepeda motor para pelanggan ada juga yang naik kendaraan roda empat . Dari pagi hingga sore warung ini tiada sepi dari pelanggan “ ujar Rohman ( 56 ) tukang parkir yang setiap hari mangkal di depan warung ini.

Bu Sukini pemilik warung makan depan Gedung Golkar Jepara mengatakan, warung yang sejak dahulu sampai sekarang penampilan tidak berubah itu telah dibukanya sejak tahun 1965 , awalnya ia hanya membantu suami untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Ia mencoba membuka warung dengan menu tahu campur sayuran dan pecel dengan bumbu kacang yang dipadukan dengan lontong dan nasi untuk kalangan menengah ke bawah. Setelah berjalan lama usaha yang dirintisnya semakin maju dengan jumlah pelanggan yang terus bertambah . Akhirnya iapun merekrut adiknya untuk membantu berjualan yang saat ini ia tugasi untuk menyajikan pecelnya . Sehingga jika kita datang ke warung ini akan dibagi dua tempat yang sebelah kanan menyajikan menu Pecel sayur dan yang sebelah kiri menyajikan menu tahu campur sayur , namun keduanya sama enaknya.

“ Jika dihitung saya berjualan di warung ini udah ada empat puluh tahun lebih , karena awal saya jualan sejak tahun 1965 , Alhamdulillah dari dulu sampai sekarang warung kami berjalan lancar . Pelangganpun masih setia menikmati menu yang saya sajikan. Selain saya dan adik juga dibantu beberapa tenaga laninnya “ ujar Ibu Sukini yang dengan cekatan membuatkanTahu campur pesanan saya.

129660641318398813
Warung sederhana depan gedung Golkar Jepara

Saya yang sudah berkali-kali merasakan hidangan di warung ini , jika singgah di kota ukir ini selalu kangen akan tahu campur bikinan ibu Sukini ini , salah satu yang membuat selalu ingat adalah bumbu kacang yang dipadukan gula merahnya mak nyus tenan. Selain itu tahunya juga membuat lidah saya bergoyang sehingga jika dimakan dengan nasi sungguh nikmat , apalagi ketika jam makan siang tiba tambah berselera . Selain itu yang membuat saya senang makan di warung ini tidak membuat kantong kita kering bayangkan dengan uang Rp 10.000,- saja kita sudah dapat merasakan satu piring nasi tahu campur , es teh dan beberapa gorengan . Sehingga tidak mengherankan jika jam makan siang tiba para pembeli harus rela antri dan sabar menanti . Merekapun kelihatannya sudah terbiasa dengan hal ini , meski antri mereka menunggu dengan sabar sembari ngobrol santai dengan teman-temannya

Nah bagi pembaca yang kebetulan singgah atau berkunjung di kota ukir Jepara ini sempatkanlah mencoba menu yang dihidangkan oleh dua saudara ini . Adapun tempatnya cukup mudah semua orang Jepara sudah tahu keberadaan warung depan gedung Golkar Jepara ini , jika anda kebingungan bisa tanya pasti anda akan menemukan warung ini. (FM)

Fatkhul Muin
Pengelola Blog : Pusat Informasi Masyarakat Pesisir (http: www.For-Mass.Blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

"BLOGNYA MASYARAKAT PESISIR DEMAK DAN JEPARA "
Bagi pembaca yang ingin berbagi informasi dapat mengirim tulisan apa saja artikel, Berita, Foto dan apa saja yang bermanfaat ke Email : pakardans[at]gmail.com, Dan jika anda mempunyai informasi yang perlu diliput dapat menghubungi Redaksi Phone:
085641629350.-
Bagi anda yang mempunyai usaha apa saja yang ingin dipublikasan via media internet dan menghubungi Redaksi
Bila anda peduli dengan kemajuan blog ini dapat berbagi dengan kami
Donasi bisa dikirimkan via pengelola blog :
Nama : FATKUL MUIN
Bank : BRI UNIT PECANGAAN KULON JEPARA
NO REK : 5895-01-000092-53-8
" Marilah Kita Bersama Berdayakan Masyarakat Pesisir"