Jumat, 22 Juli 2011

Khitanan Massal Di Tedunan Jepara, Ada Yang Menangis



suasana khitanan massal


Jepara – Selain gema sholawat bersama Habaib dan Ahbabul Musthofa masyarakat desa Tedunan kecamatan Kedung kabupaten Jepara juga menggelar khitanan massal yang diikuti 12 Anak. 11 anak warga desa Tedunan , sementara 1 anak berasal dari desa Kaliombo kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. 12 anak yang masih bersekolah di SD tersebut selain dikhitankan secara gratis juga disediakan seperangkat pakaian yang meliputi peci , baju koko, sarung dan sandal. Acara tersebut digelar sebagai perwujudan rasa kebersamaan seluruh warga desa yang dimotori oleh Jam’iyah Manaqib “ Jawahirul Maani “ dengan pimpinan K. Zubaeri.

“ Acara khitanan massal ini bukan yang pertama kali , namun pada tahun ini jumlah anak yang dikhitan paling banyak 12 orang . Selain gema sholawat siang tadi anak-anak yang dikhitankan ini juga diarak keliling kampung “, ujar KH.Mundhakir tokoh ulama dari desa Tedunan pada kabarseputarmuria.lokal.detik.com Kamis malam (21/7/2011).

Dikatakan oleh KH. Mundhakir, anggota jam’iyah Manaqib “Jawahirul Ma’ani” sejumlah 40 Orang sebagai penggerak kegiatan haul dan khitanan massal. Selain sebagai pelaksana kegiatan hari H mereka juga menghimpun dana dari masyarakat dan juga yang lainnya sehingga kegiatan pada malam itu bisa berlangsung dengan lancar. Acara haul dan Khitanan massal merupakan agenda rutin jam’iyah setiap tahunnya , selain acara rutin setiap minggunya mengadakan acara pertemuan secara bergiliran sebagai wujud kebersamaan jam’iyah.

Add caption

Sementara itu Udin salah satu dari orang tua peserta khitanan massal mengatakan dengan adanya khitanan massal ini dapat membantu warga masyarakat , selain itu pula sebagai perwujudan rasa kebersamaan antar warga masyarakat. Oleh karena itu ketika panitia menghubunginya agar anaknya dikhitankan secara massal iapun memperbolehkannya. Namun demikian dirumahnya juga diadakan selamatan tersendiri sebagai tolak balak,

Pelaksanaan khitan yang dilakukan oleh tenaga medis dan non medis sejumlah 6 orang berlangsung lancar, tiadak ada hambatan apapun. Namun demikian ada beberapa peserta khitan yang menangis keras tatkala dilakukan pembedahan ringan ataupun pembiusan local. (FM)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

"BLOGNYA MASYARAKAT PESISIR DEMAK DAN JEPARA "
Bagi pembaca yang ingin berbagi informasi dapat mengirim tulisan apa saja artikel, Berita, Foto dan apa saja yang bermanfaat ke Email : pakardans[at]gmail.com, Dan jika anda mempunyai informasi yang perlu diliput dapat menghubungi Redaksi Phone:
085641629350.-
Bagi anda yang mempunyai usaha apa saja yang ingin dipublikasan via media internet dan menghubungi Redaksi
Bila anda peduli dengan kemajuan blog ini dapat berbagi dengan kami
Donasi bisa dikirimkan via pengelola blog :
Nama : FATKUL MUIN
Bank : BRI UNIT PECANGAAN KULON JEPARA
NO REK : 5895-01-000092-53-8
" Marilah Kita Bersama Berdayakan Masyarakat Pesisir"