Selasa, 29 November 2011

Rebana “ Az-zahro” Demak , Sajikan Qosidah Arabic Modern dan Klasik

Az-Zahro Kota Wali tampil di depan penggemarnya


Demak – Salah satu seni music tradisional islami yang kini masih digemari khalayak adalah rebana atau orang dulu menyebutnya “ terbangan”. Jika ada perhelatan semacam walimatul Ursyi, Walimatul khitan , dan juga acara-acara lain seni rebana ini ditampilkan untuk menghibur dan memeriahkan acara tersebut.  Oleh karena itu meski sudah ratusan tahun keberadaan seni rebana ini , namun penggemar rebana ini tidak lekang oleh jaman . Bahkan dengan semakin canggihnya peralatan music sekarang namun seni rebana ini tetap bisa menatap perkembangan jaman ke depan.

Salah satu grup rebana classic dan modern yang kini lagi naik daun adalah Grup “ Az-zahro Kota Wali “ dari desa Grogol kecamatan Karangtengah kabupaten Demak . Dengan bermodalkan alat rebana komplit ditambah peralatan music modern seperti gitar, gambus, biola dan juga organ mereka menyajikan hiburan yang cukup memikat diberbagai perhelatan. Selain lantunan sholawat nabi sebagai menu wajib grup ini , juga ditambah lagu-lagu bernuansa arab serta lagu-lagu baru yang dimodifikasi dengan Arabic music. Sehingga penampilan mereka tetap berkesan Islami , namun demikian bagi pemirsa atau penggemar menginginkan lagu yang lain grup ini akan menyesuaikan dengan music yang tetap bernuansa islami.

“ Memang kami hadir disini selain sebagai syiar agama Islam lewat seni , kami juga memberikan hiburan kepada masyarakat . Oleh karena itu meski kesannya tradisional karena rebana , namun lagu-lagu yang kami sajikan bisa menyesuaikan keinginan masyarakat. Sehingga jika kami tampil dimanapun akan selalu mendapatkan aplau yang positif dari masyarakat “, tutur Mahfudhon Manager grup rebana modern dan klasik “ Azzaho Kota Wali “ Demak pada wartawan .



Mahfudhon mengemukakan, Grup rebana yang dipimpinnya itu berawal dari Jam’iyah Musholla “Al-Muttaqin” di RT : 02 RW: 02 desa Grogol yang beranggotakan 20 orang. Selain membaca sholawat setiap seminggu sekali juga diiringi dengan rebana seperti layaknya jam’iyah lainnya . Namun seni rebana ini terus berkembang sesuai dengan perjalanan waktu dan  jaman. Selain peralatan music rebana mulaihlah mereka memadukan dengan alat music lainnya  dan lagu-lagu atau syair yang dibawakan juga terus mengalami perkembangan. Selain sholawat  mereka mulai menyajikan lagu-lagu qosidah atau lagu arab modern sesuai dengan permintaan pasar . Apalagi setelah berkali-kali melanglang buana keluar kota lagu-lagu yang disajikan semakin beragam.
“ Awalnya kami hanya grup rebana desa yang tidak mempunyai keistimewaan apa-apa , namun setelah kami poles dengan peralatan music lainnya mulailah para penggemar music rebana melirik kita . Apalagi setelah kami menjadi juara 1 tingkat kabupatwen dalam lomba rebana grup kami mulai dikenal khalayak Demak dan sekitarnya “, tambah Mahfudhon yang   vocalis dan juga MC .

Dengan beranggotakan 20 pemain music kini grup rebana “ Az-zahro Kota Wali” mulai dikenal oleh penggemar seni rebana di kawasan Demak dan sekitarnya . Selain memeriahkan acara pesta-pesta seperti pesta pernikahan, khitanan juga tidak ketinggalan  ikut memeriahkan kegiatan seremonial lembaga pemerintahan seperti acara peresmian , deklarasi dan juga event-even wisata lainnya semacam grebeg besar . Oleh karena itu bagi siapa saja yang mempunyai acara dan menginginkan tampilnya grup rebana ini dipersilakan untuk calling managemen , karena sampai saat ini selain tampil di kawasan Demak grup ini juga pernah manggung diberbagai kota lainnya di Jawa Tengah seperti kota Kudus, Kendal,Semarang dan Purwodadi.

“ Kami membuka diri seluas-luasnya bagi siapa saja yang ingin mendatangkan grup rebana ini bisa langsung calling kami via HP atau langsung datang ketempat kami . Soal biaya bisa nego tergantung dari permintaan si empunya hajat  bisa yang komplit atau yang ekonomis tergantung permintaan “, kata Mahfudhon sambil memberikan no HPnya 081 325 936 314

Selain penyajian Arabic music yang sangat rancak , grup rebana “ Az-zahro Kota Wali “ ini juga menyajikan vocalis wanita yang juga menyajikan lagu-lagu bernuansa arab yang sungguh nikmat jika didengarkan. Oleh karena itu jika kita mengundang grup ini untuk memeriahkan sebuah acara , maka suaana akan berubah setting seperti layaknya perhelatan di Timur tengah. Bahkan jika para penggemar mempunyai hobi menari bisa tampil disini dengan menyajikan tarian bernuansa padang pasir yang sangat rancak sekali.

Untuk lebih dikenal public , grup ini juga telah mengeluarkan beberapa album yang berupa kaset VCD hasil rekaman dari beberapa tampilan dalam memeriahkan beberapa acara yang telah didokumentasikan . Sehingga sebelum mengundangnya kita bisa menyaksikan penampilan grup rebana yang kebanyakan pemainnya masih muda-muda. Namun sayang sampai saat ini  belum ada stasiun televisi yang melirik grup ini tampil untuk mengisi acara music , padahal jika bisa tampil di televisi meski local akan lebih memasyarakatkan seni rebana Arabic modern maupun klasik , ditunggu. (Fatkh.M)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

"BLOGNYA MASYARAKAT PESISIR DEMAK DAN JEPARA "
Bagi pembaca yang ingin berbagi informasi dapat mengirim tulisan apa saja artikel, Berita, Foto dan apa saja yang bermanfaat ke Email : pakardans[at]gmail.com, Dan jika anda mempunyai informasi yang perlu diliput dapat menghubungi Redaksi Phone:
085641629350.-
Bagi anda yang mempunyai usaha apa saja yang ingin dipublikasan via media internet dan menghubungi Redaksi
Bila anda peduli dengan kemajuan blog ini dapat berbagi dengan kami
Donasi bisa dikirimkan via pengelola blog :
Nama : FATKUL MUIN
Bank : BRI UNIT PECANGAAN KULON JEPARA
NO REK : 5895-01-000092-53-8
" Marilah Kita Bersama Berdayakan Masyarakat Pesisir"