Selasa, 12 Juni 2012

Ustadz H. Abdullah Uzair Jepara , Kembangkan Pembelajaran Bahasa Arab Secara Cepat dan Sistematis

Ustadz Uzair di depan bangunan Sekolah Bahasa Arab dalam tahap pengerjaan

Jepara - Bagi Ustadz H. Abdullah Uzair Pengasuh Pondok Pesantren “ Jabal Nur” desa Bandengan kecamatan Kota Jepara, saat ini Bahasa Arab adalah salah satu Bahasa Asing yang cukup penting selain Bahasa internasional yaitu Bahasa Inggris. Oleh karena itu , ke depan ia membuat satu lembaga pendidikan Bahasa Arab yang diperuntukkan berbagai kalangan. Selain siswa , Guru dan juga masyarakat umum bisa belajar di lembaga yang mengkhususkan diri pada pembelajaran bahasa arab yang dipergunakan berbagai keperluan baik studi di luar negeri ,mengajar ,berbisnis sampai dengan bekerja ke Luar negeri .

“ Misalnya calon mahasiswa yang ingin belajar ke Timur tengah bisa belajar Bahasa Arab disini.
Guru yang ingin mengajar Bahasa arab dengan metode yang cepat dan sistematik juga bisa belajar disini . Atau para professional atau bisnismen yang ingin berbahasa arab dengan cepat juga bisa belajar disini “, ujar H. Abdullah Uzair pada kabarseputarmuria yang menemui di rumahnya.

Gedung tempat pembelajaran Bahasa Arab itu dirintisnya dua tahun yang lalu , dengan modal sendiri ia membangun gedung yang nanti jika jadi sempurna akan menelan biaya lebih dari 500 juta rupiah . Gedung yang berlokasi tepat di depan rumahnya saat ini kondisinya baru 30 persen , oleh karena itu agar gedung tersebut terealisasi dengan cepat dia dengan tangan terbuka menerima bantuan dari berbagai fihak yang peduli akan pembelajaran bahasa Arab ini .

Ustadz H. Abdullah Uzair

Sebagai contoh ada salah satu rekannya yang bekerja di Kemenag Jakarta , memberikan arahan sehingga ada sedikit kucuran dana untuk membantu pembangunan Gedung pembelajaran Bahasa Arab yang telah digagasnya sejak lama. Ke depan ia mengharapkan bantuan dari fihak lain utamanya pemerintah daerah untuk membantu menyelesaikan pembangunan gedung sekolah bahasa arab ini.

“ Mudah-mudahan gedung pembelajaran Bahasa Arab ini bisa selesai dengan cepat sehingga kami bisa memulai proses belajar dan mengajar  pada tahun 2013 mendatang. Untuk tenaga pengajarnya kami memberdayakan teman-teman alumni universitas Al- Madinah “ tambah Uzair.

Ustadz H. Abdullah Uzair mengemukakan, sebelum dibangunnya gedung tersebut dia telah membuat buku khusus pembelajaran Bahasa Arab ( Arab Alphabet ) untuk siswa SMP dan juga siswa SMA dan SMK . Dengan tujuan agar ada bekal Bahasa Arab bagi siswa SMP ,SMA/SMK selain bahasa Inggris dan juga bahasa asing lainnya. Buku tersebut telah diajarkan beberapa sekolah lanjutan di Jepara misalnya SMP Hadziqiyah , SMK “Darul Musyawarah” dan juga SMP dan SMK Azzahro “Mlonggo”.

Selain itu ia juga membuat buku Arab Alphabet untuk siswa TK/RA/TPA/TPQ dua jilid dan juga untuk Perguruan Tinggi dan Pondok pesantren 3 jilid . Buku tersebut masing-masing mempunyai tujuan agar anak TK/RA/TPA dan TPQ sejak dini telah mengenal huruf arab dan juga bahasa arab sederhana sejak dini. Sedangkan untuk Perguruan Tinggi maupun pondok pesantren diharapkan dengan mempelajri arab Alphabet yang dikarangnya itu mahasiswa ataupun santri pondok pesantren bisa berbahasa arab secara aktif .

“ Memang kami membuat buku Arab Alpabet ini dengan tujuan untuk mempermudah pembelajaran bahasa arab di sekolah-sekolah dengan metode baru. Kami menjamin dengan pembelajaran ini para siswa yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri utamanya Timur Tengah tidak ada kesulitan. Bahkan untuk yang ingin melanjutkan ke universitas Madinah kami menjamin langsung diterima dengan rekomendasi dari kami “, papar Ustad H. Abdullah Uzair.

Buku-buku Pembelajaran bahasa Aran dari TPQ - Perguruan Tinggi

Oleh karena itu agar sistem pembelajaran bahasa arab yang dikembangkan itu bisa dikenal diberbagai kalangan fihaknya dengan terbuka menerima siapapun yang ingin belajar atau mengetahui sistem pembelajaran ini . Di setiap kesempatan fihaknya diundang dari berbagai kalangan untuk mempresentasikan buku “ Arab Alphabet” karangannya tersebut, Selain di Jepara sendiri , daerah-daerah lain di Jawa Tengah pernah ia kunjungi . Selain itu beberapa lembaga pendidikan di daerah Jawa Timur juga mulai tertarik mengembangkan sistem pembelajaran “Arab Alphabet” ini.

“ Bulan ini kami akan mempresentasikan “ Aran Alpahbet “ ini dihadapan ratusan guru bahasa arab se Mojokerto Jawa Timur , ini semua kami lakukan akan Bahasa Arab ini bisa dikuasai oleh para santri dan juga siswa “ kata Uzair .

Nah bagi pembaca atau siapapun yang ingin mengetahui pembelajaran Bahasa Arab ( Arab Alphabet ) ini bisa berhubungan langsung dengan pengarang bukunya secara langsung yaitu Ustadz H. Abdullah Uzair di nomor HP : 081 393 577 202 atau Email : Abdullah_Uzair@ymail.com. ( Muin )









Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

"BLOGNYA MASYARAKAT PESISIR DEMAK DAN JEPARA "
Bagi pembaca yang ingin berbagi informasi dapat mengirim tulisan apa saja artikel, Berita, Foto dan apa saja yang bermanfaat ke Email : pakardans[at]gmail.com, Dan jika anda mempunyai informasi yang perlu diliput dapat menghubungi Redaksi Phone:
085641629350.-
Bagi anda yang mempunyai usaha apa saja yang ingin dipublikasan via media internet dan menghubungi Redaksi
Bila anda peduli dengan kemajuan blog ini dapat berbagi dengan kami
Donasi bisa dikirimkan via pengelola blog :
Nama : FATKUL MUIN
Bank : BRI UNIT PECANGAAN KULON JEPARA
NO REK : 5895-01-000092-53-8
" Marilah Kita Bersama Berdayakan Masyarakat Pesisir"